Tips Perawatan Ayam Aduan Setelah Bertanding

Pemberian perawatan terhadap ayam aduan memang perlu diberikan bagi orang yang memilikinya. Karena, jika kita tidak tahu mengenai perawatan yang cocok diberikan terhadap ayam apalagi untuk ayam petarung. Maka akan sangat susah untuk dapat memberikan performa yang bagus dan juga memberikan kesehatan yang optimal. Seperti halnya pemberian perawatan ketika ayam tersebut habis ikut pertandingan. Untuk pemberian perawatanya memang berbeda ketika kita memberikan perawatan untuk setiap harinya.

Karena memang ayam setelah bertarung ini banyak sekali ditemuin luka yang ada pada tubuhnya karena sabetan ayam lainnya. Dengan begitu, kita harus memberikan perawatan secara khusus terhadap ayam yang telah mengikuti pertandingan. Guna dari pemberian perawatan khusus terhadap ayam ini agar nantinya tidak Menimbulkan trauma ataupun penyakit lainnya yang dapat mengganggu kesehatannya. Karena memang sudah banyak sekali orang yang salah kaprah Dalam hal pemberian perawatan ayam.

Akibatnya ayam tersebut akan turun mental dan sangatlah sulit untuk mengembalikan mental ayam tersebut. Begitupun juga pada luka ayam, muka ayam jika tidak segera disembuhkan akan menimbulkan virus. Juga penyakit lainnya yang kemungkinan akan menyerang ayam tersebut ataupun ayam yang lainnya.

Tahapan Memberikan Perawatan Terhadap Ayam Aduan Setelah Bertanding

Beberapa tahapan yang perlu kalian ketahui untuk mengantisipasi penyakit yang kemungkinan akan menyerang ayam setelah mengikuti sabung. Setelah mengikuti pertandingan, ayam pasti menderita luka dan juga kotoran yang sangat banyak menempel pada tubuh ayam. Yang pertama Kita harus membersihkan terlebih dahulu semua kotoran yang ada pada tubuh ayam tersebut.

Cara membersihkan kotoran ini, pertama kita menggunakan kain ataupun busa dengan mengusapnya terlebih dahulu setelah mengikuti pertandingan. Jika kita sudah sampai di rumah, kita dapat memandikan ayam tersebut dengan menggunakan air yang bersih ataupun air dari sumur. Hal ini untuk menghindari berbagai kandungan yang berbahaya untuk luka ayam tersebut. Selanjutnya kita guyur dengan cara perlahan, dan menggunakan spon untuk menghilangkan semua noda yang ada di tubuhnya.

Setelah benar-benar dipastikan bersih untuk tubuh dari ayat tersebut. Kita dapat memberikan antibiotik ataupun alkohol yang dapat menghilangkan semua bakteri yang masih menempel pada muka ayam. Caranya yaitu dengan meneteskan ataupun mengoleskan sedikit demi sedikit padahal makan ayam. Seperti pemberian perawatan terhadap luka manusia. Setelah itu, ayam segera kita pisahkan dari kandang ayam yang lainnya.

Hal ini untuk menghindari ayam tersebut stress ketika kita campur kan kembali ke kandang yang berisi ayam. Kita dapat memberikan tambahan vitamin pada ayam. Pemberian suplemen kunir ataupun bahan berbahaya yang dapat menyehatkan ayam dan juga dapat menghangatkan tubuh ayam. Jika ayam tersebut diberikan suplemen untuk menghangatkan tubuhnya, maka otot yang ada pada ayam tersebut tidak akan keram.

Setelah hari pertama terlewati, kita dapat memberikan perawatan seperti biasanya lagi yaitu dengan pemberian pakan menjaga memandikannya. Untuk bulu ayam yang rusak, kita dapat mengantisipasi dengan memberikan pakan udang rebon yang dicampur kan terhadap pakan ayam tersebut setiap harinya. Karena memang untuk udang ini dapat membantu mempercepat pertumbuhan bulu yang ada pada ayam.

Itu tadi beberapa penjelasan yang dapat kalian terapkan di rumah setelah ayam aduan Anda mengikuti pertandingan. Jangan sepelekan luka yang ada pada ayam saat setelah mengikuti pertandingan. Karena memang sudah banyak kejadian virus yang menimpa ayam karena perawatan yang kurang maksimal dari pemiliknya.